Tidak Boleh Sembarangan, Ini 7 Cara Pakai Toner Cuka Apel untuk Wajah

Cuka sari apel dapat digunakan untuk perawatan kulit sebagai toner. Banyak manfaat cuka apel untuk wajah, seperti dapat membantu menyeimbangkan pH kulit, menghilangkan racun dari kulit, mengurangi kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori tersumbat. Isi dari cuka apel antara lain kandungan antibakteri dan antiseptik yang sangat bermanfaat untuk semua masalah kulit, tetapi tidak semua jenis kulit cocok menggunakannya. Ketika menggunakannya juga tidak boleh sembarangan, ada cara untuk menggunakan cuka apel untuk wajah sehingga kulit tidak teriritasi.

Tidak Boleh Sembarangan, Ini 7 Cara Pakai Toner Cuka Apel untuk Wajah

Bagi kamu yang memiliki kulit, jerawat sensitif dan sedang menggunakan bahan-bahan lain seperti retinol, glycolic acid, asam salisilat, dan benzoil peroksida disarankan untuk berhati-hati ketika menggunakan cuka sari apel. Karena cuka sari apel adalah salah satu bahan yang cukup asam.

Karena tingkat pH sari cuka apel cukup tinggi, yaitu sekitar dua sampai tiga. Menerapkan pH asam yang tinggi rentan terhadap penyebab iritasi dan ruam pada kulit sensitif. Beberapa contoh kasus yang dilaporkan bahkan cuka ini dapat menyebabkan luka pada kulit, terutama jika dibiarkan dalam waktu yang lama.

Sebelum menerapkan cuka apel secara merata di seluruh permukaan kulit, kamu harus menguji dengan menerapkan lapisan tipis pada punggung tangan terlebih dahulu. Tunggu sekitar satu sampai dua jam dan jika setelah itu kulit menjadi merah atau meradang, jangan menggunakan cuka sari apel pada wajah. Jika kamu ingin mengganti toner dengan cuka wajah, Ada lebih baik tanyakan terlebih dahulu dengan dokter kulit kepercayaan kamu. Langsung saja, ini 7 cara untuk cuka sari apel digunakan untuk toner wajah.

1. Siapkan cuka apel

Pastikan bahwa kamu membeli cuka apel organik, tanpa filter dan tidak dipasteurisasi.

2. Larutkan cuka sari dan air

Jumlah cuka sari apel dan air yang dibutuhkan tergantung pada jenis kulit. Ahli kecantikan merekomendasikan bahwa orang yang memiliki kulit sensitif memiliki rasio 1: 4 antara cuka apel dan air, 1: 3 untuk kulit kering, 1: 2 untuk kulit normal, dan 1: 1 untuk kulit berminyak.

Ketika mencoba pertama kalinya, disarankan untuk mencampur cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1: 3 terlepas dari kulit normal atau berminyak. Kemudian gunakan secara bertahap sampai kulit terbiasa dengan cuka apel. Cuka sari apel harus diencerkan dengan air sebelum dioleskan. Jika tidak, hal itu dapat menyebabkan iritasi kulit.

3. Gunakan cuka sari apel dengan menggunakan kapas

Setelah wajah dikeringkan, menerapkan cuka sari apel pada kapas dan menepuknya pada wajah secara perlahan. Cuka sari apel di sini berguna sebagai toner wajah sebelum menggunakan krim lain di wajah. Tidak perlu banyak, kamu dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan wajah saja.

Masih ada beberapa cara untuk menggunakan apel toner cuka sari yang harus kamu tahu, yuk, lanjut di bawah!

4. Pastikan kulit bersih

Langkah selanjutnya mencuci muka dengan pembersih yang lembut dan keringkan. Masukan kapas ke dalam campuran air dan sari cuka apel, peras jika terasa air berlebih dan kemudian usapkan pada wajah. Hindari daerah mata untuk mencegah iritasi. Mungkin kulit akan terasa sedikit panas, tapi tidak terlalu menyengat.

5. Lanjutkan menggunakan pelembab wajah

Perlu diingat, cuka apel bisa membuat kulit menjadi kering. Setelah menerapkannya pada wajah maka lanjutkan dengan menerapkan pelembab.

6. Untuk kulit berjerawat, gunakan toner hanya di bagian bermasalah

Larutkan 2 sendok makan cuka sari apel dan 1 cangkir air dan simpan dalam toples atau botol semprot. Rendam kapas dalam campuran. Langsung diterapkan untuk jerawat, tidak di semua area wajah. Biarkan semalam dan cuci muka di pagi harinya.

Asam dalam cuka sari apel bisa mengering jerawat dan membunuh bakteri penyebab infeksi. Hal ini juga membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit. cuka sari apel hanya membantu untuk menghilangkan jerawat dari luar.

7. Campurkan dengan air dan gel lidah buaya

Larutkan 2 sendok makan cuka sari apel, 2 gelas air dan 1 sendok teh gel lidah buaya. Kemudian, campur semua bahan dan simpan campuran dalam botol semprot. Semprotkan toner ke seluruh wajah dan leher. Aloe vera gel akan menyegarkan kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi. Tutup mata saat penyemprotan, dan tidak berlaku pada kulit kering.

Cuka sari apel memang memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Namun, bukan berarti kamu bisa menggunakannya langsung untuk menyingkirkan jerawat tanpa izin dan instruksi dokter kulit terkait. 

Pastikan untuk melakukannya dengan cara yang benar, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Karena, cuka apel bisa sangat mengiritasi kulit dan bahkan menyebabkan sensasi terbakar.

Postingan terkait: