Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda Yang Efektif dan Aman

Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda Yang Efektif dan Aman

Tidak perlu mahal jika kamu ingin memutihkan gigi yang berwarna kuning. Kita bisa menggunakan bahan yang ada di rumah, salah satunya adalah baking soda. 

Sejauh ini, telah dikenal beberapa metode atau cara memutihkan gigi, termasuk kombinasi baking soda dengan dengan air, pasta gigi, lemon, cuka apel, dan lain-lain.

Sebelum menerapkan cara memutihkan gigi dengan baking soda kali ini, maka kamu harus memperhatikan apa yang membuat gigi kamu tidak bersinar dan putih sehingga mereka bisa menghindarinya secepat mungkin. 

Hobi minum teh hitam, kopi, alkohol, atau soda, misalnya, dapat membuat gigi kuning. Belum lagi kebiasaan buruk seperti merokok atau sikat gigi yang malas, semua ini dapat merusak penampilan gigi sehingga membuat minder saat harus tertawa atau tersenyum lebar.

Menghadapi masalah gigi kuning dan bernoda, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi. Kamu dapat meminta dokter atau melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

Jika saat ini kondisi dompet belum memungkinkan untuk ke dokter gigi, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Di antara banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi, salah satu yang paling terkenal adalah baking soda. 

Karena sifat abrasifnya relatif ringan, sehingga sebagian besar orang mengandalkan baking soda jika ingin mengikis noda dan plak pada gigi.

Tapi manfaat baking soda tidak berhenti di situ. Ketika digunakan secara teratur, baking soda juga dapat memutihkan gigi dan membuat mulut sehat karena membantu menetralkan asam yang disebabkan oleh bakteri di dalam mulut. 

Hal ini sering digunakan untuk mengatasi gigi berlubang dan masalah gusi. Bagaimana cara memutihkan gigi dengan baking soda?

1. Baking soda dan air

Salah satu resep memutihkan gigi dengan baking soda yang paling mudah adalah dicampur dengan air. Campurkan perbandingannya 1:2, yaitu 1 baking soda dengan 2 air ke dalam wadah kecil dan aduk untuk membuat pasta cair. Oleskan pasta dengan sikat gigi, kemudian gosok selama 2 menit.

Setelah itu, bilas mulut sampai tidak ada yang tersisa dalam mulut. Akibatnya, gigi menjadi lebih putih. Ulangi metode ini 1-2 kali seminggu selama beberapa bulan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

2. Baking soda dan pasta gigi

Taburkan baking soda ke pasta gigi. Metode ini juga merupakan salah satu metode pemutihan gigi yang paling aman. 

Selain itu, sebagian besar pasta gigi memiliki fluoride penting untuk mencegah kerusakan gigi dan memperkuat enamel gigi. 

Sedangkan sifat abrasi dari baking soda dapat mengikis noda. Untuk hasil maksimal, kombinasikan baking soda dengan pasta gigi putih yang tidak mengandung gel.

Untuk membuatnya lebih efektif, gabungkan 1 bagian baking soda dengan 2 bagian pasta gigi. Aduk dalam wadah kecil, lalu oleskan dengan sikat gigi. 

Alternatif lain oleskan baking soda ke sikat gigi basah. Kemudian gosok gigi selama 2 menit. Ulangi metode ini 1 atau 2 kali seminggu selama beberapa bulan.

3. Baking soda dan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah pemutihan yang aman untuk gigi. Bahan ini umumnya ditemukan dalam pasta gigi berlabel 'pemutih'. 

Selain itu, hidrogen peroksida juga membantu membersihkan gigi karena dapat membunuh bakteri berbahaya.

Menggabungkan hidrogen peroksida dengan baking soda juga bisa melepaskan radikal bebas yang membantu menghancurkan molekul noda pada permukaan gigi. 

Akibatnya, noda dapat disikat dan dihapus dengan mudah.

Resepnya adalah dengan mencampur 1 sendok makan baking soda dan 2 sendok makan dengan 3% hidrogen peroksida. 

Aduk rata, kemudian gunakan sebagai pasta gigi untuk menggosok gigi selama 2 menit. Bilas mulut hingga mulut bersih, lakukan 2 kali seminggu selama 8-10 minggu berturut-turut.

Jika adonan terlalu kasar untuk gigi dan gusi, encer hidrogen peroksida dengan air (dengan rasio sama) sebelum mencampurnya dengan baking soda.

4. Baking soda dan lemon / nipis

Jus lemon memang memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah untuk memutihkan gigi. Semua ini berkat sitrat kandungan asam yang dapat diputihkan. Namun, kamu hanya dapat menggunakannya sekali saja setiap hari selama 2-3 bulan.

Untuk membuatnya, campurkan 1 sendok makan masing-masing baking soda dan perasan lemon segar. 

Setelah hilang efek mendesisnya, gosokkan pada gigi dengan gerakan melingkar, untuk maksimum 2 menit. Bilas mulut secara menyeluruh. 

Resep ini dapat menunjukkan perubahan yang terbilang cepat. Gigi kekuningan pun akan tampak lebih putih.

Jika kamu ingin menggunakannya lebih sering daripada periode yang disebutkan di atas, kamu bisa mengencerkan lemon dengan air (rasio 1: 1) sebelum mencampurnya dengan baking soda.

5. Baking soda dan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat menghancurkan bakteri berbahaya dalam mulut. Ketika dikombinasikan dengan baking soda, keduanya bisa menyehatkan mulut serta memutihkan gigi.

Sebelumnya, kamu bisa mencairkan minyak di microwave, lalu campurkan 1 sendok makan baking soda dan minyak kelapa. 

Gunakan untuk menggosok gigi, setelah itu berkumur hingga baking soda hilang (jika masih ada minyak yang tersisa di mulut tidak mengapa karena itu tidak berbahaya). Ulangi metode ini 2-3 kali seminggu selama beberapa minggu.

6. Baking soda, strawberry, dan garam

Meskipun warna strawberry merah terang, tapi kandungan asam askorbat di dalamnya dapat memutihkan gigi. 

Ketika menggabungkan dengan baking soda dan garam, maka semua bahan ini efektif dalam memutihkan gigi. 

Sama seperti air lemon, kamu harus sedikit berhati-hati ketika menggunakan resep ini. Membatasi penggunaannya.

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda, 2-3 stroberi besar, dan sedikit garam. 

Tumbuh stroberi hingga hancur dan halus, masukkan baking soda dan garam, aduk rata, dan guankan untuk membersihkan gigi.

7. Baking soda dan cuka sari apel

Ketika digunakan bersama dengan baking soda, cuka sari apel bisa digunakan menghilangkan noda dan memutihkan gigi. 

Untuk membuatnya, campurkan 2 bagian cuka sari apel dengan 1 bagian baking soda. Gunakan solusi ini beberapa kali seminggu.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara memutihkan gigi dengan baking soda yang efektif dan aman.


Postingan terkait: