Cara Merawat Tanaman Buah Naga Agar Berbuah

Mungkin kamu sudah dengan mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan. Namun, kamu tahu tidak bagaimana cara menanam buah naga ini. Kali ini kita akan membahas tentang buah naga lebih dalam. Mungkin sudah tidak asing dengan istilah buah ini. Atau barangkali ada juga yang masih belum tahu apa itu buah naga. 

Nah di video kali ini kami tidak akan membahas tentang apa itu buah naga tentunya, tapi kami akan memberikan tips bagaimana kira-kira cara untuk merawat agar buah ini segera atau mau berbuah. Ini semuanya tentunya berdasarkan pengalaman kami sendiri ya. Jangan lupa share dulu informasi ini agar kami semangat dalam memberikan konten-konten yang positif bagi kita.

Semua sobat semua, buah naga ini menanamnya cukup mudah ini saya berawal dari keisengan. Sebenarnya punya saya ini tidak standar karena biasanya orang-orang yang memang niat untuk berkebun buah naga mereka menggunakan batu coran, dicor batunya atau besi untuk tonggak atau tiang dari penyangga tanaman buah naga ini. Nah saya di sini karena memang awalnya hanya iseng hanya ingin coba-coba saya cuman menggunakan bekas tunggul dari pohon langsat yang kebetulan sudah ditebang. 

Ini saya gunakan tunggunya itu sebagai tempat penyangganya. Kita coba lihat, nah ini dia. Sobat untuk menanam buah naga ini sangat mudah sebenarnya yang kita perlukan hanya salah satu cabang dari buah naga ini yang sudah cukup tua. 

Kita ambil kemudian kita kuburkan sedikit saja ke tanah. Kita aku bukan sedikit saja ke tanah. Dia mudah untuk tubuh misalnya seperti ini. Bisa dilihat ini hanya ditanamkan sedikit saja. Nah tapi dia tumbuh dengan baik ternyata. 

Jadi sangat mudah dalam menanam buah naga ini atau istilah lainnya buah naga ini sangat mudah untuk tumbuh. Buah ini telah berbuah berapa kali karena ini musim kemarau tidak begitu banyak buahnya tetapi di musim hujan bulan bulan september-oktober biasanya ini lebat buahnya. 

Ini telah berbuah untuk lebih kurang ketiga atau keempat kalinya. Nah bagaimana caranya agar buah naga kita ini bisa segera berbuah, di antaranya setelah kita menanam kita harus sabar. Coba selama 2 tahun kita pupuk kita siram sebagaimana layaknya kita berlakukan kepada seluruh tanaman yang lain sobat. Nah yang kedua inilah yang paling penting nya akan saya tutorial kan kepada sobat hari ini. Yaitu itu membuang tunas yang tidak perlu. 

Karena tunas itu akan memakan nutrisi yang nanti akan digunakan untuk menjadi buah. Hal ini akan tumbuh lebih panjang lagi. Ketika dia masih pendek juga sebaiknya sudah kita potong sehingga tinggal cabang-cabang yang panjang-panjang yang produktif nantinya akan menghasilkan buah. Kuncinya sobat jadi tidak cukup hanya dengan disiram dan dipupuk saja. Tidak cukup, tetapi juga harus dibuang tunas tunas yang tidak perlu seperti yang saya contohkan tadi. 

Setelah kita buang tunasnya seperti ini insya allah dia akan segera berbuah jika ada yang seperti ini, kuning-kuning, juga sebaiknya kita kita buang. Jangan kita biarkan nanti bisa membusuk. 

Oke coba lihat sekarang semuanya sudah bersih dari tunas tunas yang tidak produktif. Jadi sobat kuncinya sobat harus telaten harus benar-benar teliti dalam melihat tunas-tunas baru yang muncul. Nampak nanti tunas itu apakah dia produktif atau tidak. Tunas yang tidak produktif itu adalah tunas yang pendek-pendek cabangnya. Nah sebaiknya jangan dibiarkan, kita potong. Jika nanti telah melakukan hal seperti itu maka segera insya allah akan berbuah. Tapi jangan lupa ya, pengalaman saya ini sekitar 2 tahun baru berbuah. Kita lihat ini buahnya masih kecil. 

Dalam keadaan dia masih kecil dia akan seperti berbunga. Dia akan mengeluarkan bunga yang sangat indah. Tapi setelahnya setelah berbunga seperti ini dia akan seperti bunga yang layu. Barulah menjadi buah naga sebagaimana yang kita lihat sehari-hari ada yang warna merah ada yang dalamnya putih.

Sobat sebaiknya menanam buah naga ini gunakan bekas ban. Apakah ban sepeda motor atau ban sepeda terserah saja. Kalau saya di sini menggunakan ban sepeda motor. Tujuannya agar cabang-cabang dari pohon buah naganya ini ditopang oleh ban tersebut seperti ini. 

Oke sobat demikianlah beberapa tips mengenai buah naga ini sekali lagi kita ulangi pertama, yang paling utama adalah seperti biasa kita menyiram maupun memberikan pupuk kepada buah naga ini. Pupuk bisa beraneka ragam bisa pupuk kandang, bisa juga sesekali sobat berikan pupuk kimia di sini. Saya pernah mencoba memberikan pupuk npk ss urea pernah pupuk kandang juga, pernah saya berikan biasanya buah naga ini baru berbuah sekitar 2 tahun. 

Jadi harus sabar juga kita menunggunya. Nah yang kedua, jangan lupa untuk membuang tunas-tunas yang kecil-kecil yang tidak perlu seperti ini. Jadinya tunas yang tidak produktif harus dibuang karena tidak menghasilkan justru akan memakan nutrisi dari tanaman buah naga ini. Sehingga lambat untuk berbuah.


Postingan terkait: