Apa itu Halving Bitcoin, Ini Penjelasannya


Apa itu halving Bitcoin, ini penjelasannya? Pembahasan kali ini saya akan bahas tentang Bitcoin block halving. Bitcoin halving ini sangat penting untuk Bitcoin ya. Event yang sangat besar bagi Bitcoin. 

Kenapa? Karena ini terjadi 4 tahun sekali. Yes 4 tahun sekali, jadi nunggunya ini lama banget. Gitu ya! Lama banget ya, dari 2008 Bitcoin lahir sampai sekarang itu baru kejadian 2 blok halving. Dan tahun ini 2020, mei 2020, sebulan lagi itu bakal terjadi Bitcoin block halving ketiga. Jadi kalau dihitung ya satu kali blok happening itu 4 tahun, berarti umur Bitcoin itu 4 kali 4 mau 16 tahun sejak 2008. Sebelum kita bahas tentang harga ya, karena nanti ujung-ujungnya nih bakal ngaruh ke harga Bitcoin. Harga Bitcoin bakal meroket. 

Kita bahas dulu ya, tentang Bitcoin block halving. Apa itu Bitcoin block halving, nah sebenarnya Bitcoin block halving itu sebuah mekanisme untuk menjaga network jaringan Bitcoin supaya tetap terjaga nilainya gitu. Jadi algoritma itu sudah ditetapkan bahwa setiap 210 ribu blok di tambang, Bitcoin itu kan ada para miners, atau penambang yang menjaga network jaringan Bitcoin tetap berjalan independen. Jadi nggak ada server pusat melainkan desentralisasi gitu ya. Jadi siapapun itu bisa menjaga kualitas network Bitcoin.

Teman-teman pengen mining Bitcoin, itu teman-teman sudah support jaringan Bitcoin tetap berjalan. Transaksi Bitcoin tetap berjalan. Jadi reward yang diberikan ke penambang berupa Bitcoin itu bakal dipotong setengah setiap 210 ribu blok. Setiap 210 ribu blok di tambang,itu reward hadiah bagi penambang bakal berkurang setengah dan kira-kira 210 ribu blok itu terjadi 4 tahun. Jadi tahun pertama Bitcoin lahir 2008, 4 tahun kemudian itu 2012, kala itu pertama kali reward untuk penambang, hadiah untuk penambang itu 50 Bitcoin setiap blok. Jadi 1 blok pecah 10 menit, para para penambang nih dikasih reward 50 Bitcoin itu selama 4 tahun pertama.

Nah di 2012 dia halvening setengahnya, potong setengahnya jadi rewardnya dipotong setengah jadi 25 gitu ya gaes. Jadi algoritmanya mereka gitu , hadiah bagi para miners, Bitcoin yang dikasih ke mereka itu bakal terus berkurang setengah dalam 4 tahun. Terus dan diperkirakan jumlah Bitcoin ini tetap ya, sebanyak 21 juta itu bakal keluar semua. Jadi keluarnya tuh dikit-dikit, makin dikit sampai diperkirakan 2140. Masih lumayan lama, mungkin cucu temen-temen di sini nih masih bisa merasakan Bitcoin ya 2140 nanti. Sekarang itu 2020 itu ya. Sekitar 130 tahun lagi itu bakal menjadi nol. Jadi 20 satu juta Bitcoin itu bakal keluar semua di 2140 nanti. Sampai sekarang, hadiah blok adalah 12,5 koin perblog. Jadi awalnya 50 dari 2012 hari vebing jadi 25, terakhir lagi 4 tahun kemudian 2016 di bagi lagi jadi 12,5 koin dan 2020 itu bakal berkurang lagi menjadi 6,25 koin per blok. Jadi mainers makin dikit dapatnya setiap kali memecahkan blog itu. 

Nah kenapa sih mesti hal vening? Hal ini karena Bitcoin itu dirancang sebagai mata uang deflasi. Devaluasi itu jumlahnya terus-terusan berkurang. Jadi setingan Bitcoin itu 21 juta keluarnya tuh dikit-dikit gitu ya. Awalnya keluarnya 50 itu ya, kemudian 25, kemudian terus bagi dua sampai 21 juta itu keluar semua. Penerbitan Bitcoin akan berkurang dan karenanya akan semakin langka seiring berjalan waktu. Temen-temen tau sendiri kalau barang langka itu banyak yang nyari harga bakal naik. Karena Bitcoin menjadi langka dan permintaan mereka meningkat seiring waktu itu, Bitcoin dapat digunakan sebagai pelindung nilai terhadap inflasi. 


Postingan terkait: